Cacing Tanah Untuk Mengobati Penyakit Tipes?? Mitos Dan Fakta

Kak Rohma - Cacing Tanah Untuk Tipes: Mungkin belum banyak yang tahu bahwa jamu cacing tanah dapat mengobati penyakit tipes, namun sudah bukan rahasia umum lagi bahwasanya masyarakat banyak yang mengkonsumsi jamu ekstrak cacing tanah untuk mengobati penyakit tipes.

Setelah meminumnya banyak orang yang akan berkata ekstrak cacing tanah tersebut dapat mendinginkan suhu tubuh yang panas dan mempercepat penyembuhan tipes, namun dari kalangan medis masih belum sepenuhnya percaya akan hal itu, dan hal itulah yang membuat beberapa orang dokter tidak menganjurkan untuk mengkonsumsi obat cacing tanah pada pasien penderita tipes mereka.

Cacing tanah atau hewan yang memiliki nama latin Lumbricus Rubellus, adalah hewan yang hidup ditanah memakan sari pati tanah dan sudah dapat dipastikan hewan ini memiliki kandungan protein dan mineral yang baik untuk tubuh kita sehingga dapat membantu tubuh dalam proses penyembuhan.

Selain itu dalam jamu atau pil cacing tanah dapat ditemukan campuran bahan lain yakni seperti kunyit, temulawak dan madu. Dari ketiga bahan tersebut merupakan bahan herbal alami yang sudah dipercaya memiliki banyak manfaat dan khasiat diantaranya adalah berfungsi sebagai antibiotik alami.

Antibiotik adalah senyawa baik itu sintetik buatan atau alami yang berasal dari tumbuhan yang berfungsi sebagai penghenti proses kimia dalam organisme terutama bakteri, karena penyakit tifus adalah salah satu penyakit bakteri yang lebih tepatnya disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi maka sewajarnya ekstrak jamu cacing dengan campuran kunyit, madu, dan temulawak dapat mengatasi dan mempercepat penyembuhan penyakit tipes/ tifus.

Selain itu kunyit juga mengandung vitamin C dengan jumlah yang tinggi yakni sekitar 40%, dimana fungsi vitamin C itu sendiri adalah membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas dan meningkatkan daya tahan tubuh. Berikut adalah beberapa kandungan yang terdapat dalam cacing tanah yang sanagt baik untuk tubuh kita:

1. Asam Arakidonat: berfungsi dalam menstablikan temperatur / suhu tubuh dan membantu mengatur tidur.
2. Enzim Lumbrokinase: adalah salah satu enzim yang didapat dari hasil ekstraksi cacing tanah, memiliki sifat fibrinolitik dan antitrombotik dan dapat langsung diserap oleh usus manusia, enzim ini berfungsi dalam menstabilkan darah.
3. Enzim Selulase dan Lignase: berguna dalam menstabilkan fungsi pencernaan manusia terutama bagi seseorang yang memiliki gangguan saat mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat kasar.
4. Enzim Peroksidase & Katalase: Berguna dalam menstabilkan pembuluh-pembuluh dan saraf (degeneratif) manusia.
5. Protein dengan tingkat kualitas 65%-76% sangat bermanfaat dalam rangka memelihara dan membangun sel-sel jaringan fisiologi manusia terutama setelah operasi.

Jika anda hendak membuat jamu cacing sendiri dan baru pertama kali membuatnya, usahakan untuk menambahkan temulawak dan kunyit dengan jumlah yang tidak terlalu banyak. Selain itu bagi pasien yang memiliki penyakit seperti tukak lambung/luka pada lambung dan maag untuk tidak mengkonsumsi jamu cacing dalam jumlah yang terlalu banyak atau terlalu kental. Untuk lebih mudahnya pil cacing dapat diperoleh di toko apotek terdekat. Image courtesy of  antpkr at FreeDigitalPhotos.net

No comments:

Post a Comment