Cara Agar Ternak Sapi/ Kambing Mau Makan Konsentrat

Kak Rohma - Ternak Sapi: Sapi dan kambing/domba merupakan jenis hewan ruminansia yang banyak dipelihara oleh masyarakat sekarang, harga daging yang cenderung stabil dan mahal membuat banyak peternak tertarik untuk memeliharanya. Selain itu kedua jenis ternak tersebut paling mudah untuk dijual belikan.

Namun pada awal pemeliharaan bagi sebagian peternak yang baru menjalankan usahanya masih bingung dan kurang informasi bagaimana memberi pakan ternak yang tepat dan baik. Namun hal itu bukanlah hal yang terlalu sulit untuk dimengerti bahkan saat ini para peternak bisa membeli pakan konsentrat jadi yang dibuat oleh pabrik-pabrik dengan konsentrasi yang telah memenuhi standar.

Bagi sapi yang baru pertama kali diberikan konsentrat sudah dapat dipastikan ternak akan malas untuk memakanya, maka diperlukan beberpa perlakuan pada pakan agar ternak kita mau memakanya. Berikut ini beberapa tips yang bisa kalian coba:

1. Memilih konsentrat kualitas baik
Konsentrat baru dengan kualitas baik pastinya memiliki kandungan nutrisi yang belum rusak, sedangkan konsentrat yang sudah berbau apalagi sudah berkutu sudah dapat dipastikan ternak tidak akan mau memakanya, namun jika terdapat konsentrat dengan kualitas buruk bisa dicampurkan dengan konsentrat dengan kualitas baik dengan perbandingan 1:3.

2. Memberi perasa pada konsentrat
Beberapa konsentrat dengan campuran bahan seperti kulit kopi atau kulit sawit akan memberi rasa sedikit pahit, maka untuk mensiasatinya dapat diberikan perasa seperti tetes tebu atau mollases. Tetes tebu akan memberikan rasa manis dan bau harum yang dapat meningkatkan nafsu makan ternak.

3. Dijadikan pakan fermentasi
Tujuan dari fermentasi pakan adalah agar serat pakan yang terfermentasi menjadi mudah tercerna serta palatabilitas pakan tersebut menjadi meningkat. Hal ini juga dapat dilakukan pada konsentrat, tambahkan pula probiotik dan bahan antibiotik alami kedalam campuran pakan fermentasi tersebut.

4. Menggunakan kandang koloni
Jika hanya terdapat 1 ternak dalam kandang maka sudah dapat dipastikan nafsu makan ternak tersebut kurang begitu besar, namun hal ini berbeda jika terdapat 10 ekor dalam satu kandang koloni maka ternak akan berebut makan, dan apabila ada ternak yang kurang suka memakan konsentrat maka ternak tersebut tidak ada pilihan lain untuk memakannya juga, karena ini salah satu sifat hewan untuk saling berebut makan.

Selain beberapa perlakuan diatas anda juga dapat melakukan beberapa treatment seperti memberikan suntikan vitamin B kompleks dan jamu cekok ternak seperti yang terbuat dari kunyit. Jika beberapa hal tersebut sudah dilakukan namun belum menunjukkan hasil maka amati terlebih dahulu apakah ternak anda sedang dalam kondisi sakit atau sedang stress. Image courtesy of  Simon Howden at FreeDigitalPhotos.net

No comments:

Post a Comment