Kenali Lebih Dekat Faktor Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri

Kak Rohma - Sakit perut sebelah kira: Sakit perut bagi kebanyakan orang merupakan hal biasa, terlebih bagi seseorang yang habis mengkonsumsi makanan berlemak dan pedas. Namun beberapa sakit yang terjadi pada perut bagian kiri juga menunjukkan kondisi penyakit yang sedang kita derita dan harus ditangani oleh dokter spesialis penyakit dalam.

Dibandingkan pria, wanita memiliki lebih banyak faktor yang menyebabkan sakit perut sebelah kiri. Namun yang paling umum terjadi dikarenak terjadinya asam lambung berlebih dan menstruasi. Beberapa penderita asam lambung berlebih atau maag mengalami rasa sakit yang berlebih terutama pada bagian perut kiri atas disertai kringat dingin dan muntah.

Berikut beberapa penyebab sakit perut bagian kiri yang dibagi menjadi dua bagian yakni bagian atas dan bagian bawah:

A. Penyebab sakit perut sebelah kiri bagian bawah:
1. Cedera/trauma
2. Infeksi atau batu ginjal.
3. Divertikulitis.
4. Radang usus buntu.
5. Penyakit Crohn.
6. Kanker.
7. Usus besar yang robek.

Selain penyebab diatas, pada wanita juga disebabkan oleh beberapa faktor berikut:
8. Kista ovarium.
9. Rasa sakit karena ovulasi.
10. Infeksi pada tuba falopi atau/dan ovarium.
11. Masalah pada leher rahim.
12. Endometriosis.

B. Penyebab sakit perut sebelah kiri bagian atas:
1. Cedera/trauma
2. Peradangan pankreas.
3. Pneumonia.
4. Impaksi tinja atau tinja mengeras.
5. Usus besar yang robek.
6. Gastritis atau radang lapisan lambung (maag).
7. Tukak lambung
8. Divertikulitis.
9. Serangan jantung.
10. Kanker.
11. Infeksi ginjal.
12. Batu ginjal.

Cara mengatasi sakit perut sebelah kiri:
1. Untuk sakit perut sebelah kiri yang disebabkan oleh tukak lambung/ luka di lambung beberapa tanda lain yang dapat dengan jelas dilihat adalah pasien merasa lemas, mengantuk, dan tidak kuat berdiri, kulit seluruh tubuh menjadi pucat karena darah keluar pada lambung, dan tubuh menjadi dingin namun jika sudah parah pasien akan mengalami muntah darah dan  BAB kemerahan disertai darah segar. Jika hal ini terjadi maka pasien harus segera mungkin ditangani oleh dokter dan diberi tranfusi darah.

2. Sedangkan bagi penderita sakit perut sebelah kiri yang memiliki riwayat sakit maag maka segeralah meminum obat pereda nyeri dan obat sakit maag, dan jika ingin muntah maka muntahkanlah sebanyak-banyaknya dikarenakan hal ini bisa meringankan sakit yang diderita. Namun jika rasa sakit tidak kunjung sembuh maka segeralah pergi kedokter.

3. Jika anda mengalami rasa sakit pada perut sebelah kiri namun tidak memiliki riwayat sakit maag dan tidak sedang dalam datang bulan, maka segeralah memeriksaakan kondisi anda pada dokter untuk mengetahui penyebabnya lebih lanjut. Image courtesy of Ohmega1982 at FreeDigitalPhotos.net

1 comment: