Obat Penyakit Kulit Gatal Yang Menahun Karena Alergi Dingin

Kak Rohma - Gatal Kulit Menahun: Mungkin diantara kalian sedang mengalami alergi ini, jenis alergi kulit yang paling sulit untuk disembuhkan, tidak ada obat yang dapat dikonsumsi yang bisa benar-benar mengobati alergi ini, namun beberapa obat antihistamin seperti incidal OD dapat dikonsumsi untuk mengurangi rasa gatal yang timbul namun saat pengaruh obat ini habis maka sudah dapat dipastikan gejala alergi akan muncul kembali terutama saat sore sampai malam hari.

Alergi dingin atau dalam bahasa medis sering disebut urtikaria atau biduran kronis merupakan alergi yang bersifat tahunan, anda bisa sembuh dari alergi ini kurang dari satu tahun atau lebih dari setahun. Namun beberapa dokter akan menyarankan untuk mengkonsumsi obat antihistamin sebagai terapi dari penyakit ini.

Penyebab dari alergi dingin
Penyebab alergi dingin adalah karena tubuh memberikan reaksi terhadap kondisi lingkungan luar tubuh yang dingin dengan mengeluarkan histamin kedalam darah, penyebab tubuh mengeluarkan senyawa tersebut belum diketahui sampai saat ini. Pada beberapa penderita alergi parah dapat terjadi gatal yang menyiksa pada bagian tubuh yang tidak tertutup pakaian seperti paha, kaki, dan lengan namun pada bagian muka tidak. Beberapa penderita akan menggaruk bagian tubuh yang gatal hingga lecet dan luka.

Tanda dan gejala terkena alergi dingin
1. Pada saat tubuh terkena angin yang dingin baik itu pada pagi sore dan malam hari maka gatal akan muncul di seluruh tubuh.
2. Gatal yang menyiksa tersebut akan hilang sendirinya saat bangun tidur.
3. Saat gatal kulit tubuh akan memerah dan saat digaruk akan muncul benjolan gatal besar seperti biduran.
4. Pada bagian kulit yang sering gatal kulit akan terasa lebih panas.
5. Beberapa makan seperti ayam potong dan kacang tanah dapat memperparah terjadinya gatal.

Terapi dan perawatan alergi dingin
Karena alergi ini disebabkan oleh tubuh yang melepaskan histamin ke dalam darah, maka hal ini dapat dilakukan pengobatan sementara dengan memberikan obat antihistamin, namun gatal akan muncul kembali setelah efek dari obat habis.

Beberapa dokter menyarankan untuk memberikan bedak dan menutupi tubuh dengan pakaian rapat agar gatal segera hilang. Beberapa obat resep yang dapat digunakan untuk merawat alergi dingin adalah cyproheptadine, incidal OD, omalizumab, dan doxepin. Jika sudah waktunya sembuh alergi ini akan menghilang dengan sendirinya tanpa kita sadari. Image courtesy of  arztsamui at FreeDigitalPhotos.net

1 comment:

  1. Gatal pada tubuh sebenarnya kesalahan kita sendiri. Kuman, gatal-gatal pada kulit, karena kitanya yang malas merawat kulit tubuh. Tips Kesehatan dan Kecantikan

    ReplyDelete