Apa Itu Gangguan Bipolar Disorder, Ketidak Stabilan Mood

Kak Rohma - Gangguan Jiwa: Mungkin anda pernah mendengar istilah yang satu ini di televisi, gangguan bipolar merupakan salah satu gangguan jiwa/ mental yang ciri-cirinya dapat diketahui dengan jelas. Memiliki beberapa macam jenis yang sangat mudah diketahui perbedaannya.

Pengertian Bipolar Disorder
Bipolar disorder adalah gangguan mental dengan ditandai oleh ketidak stabilan mood penderita, seseorang yang mengalami gangguan mental ini akan memiliki perubahan suasana hati/ mood yang ekstrim yakni berupa Manik dan Depresi. Saat orang tersebut mengalami gejala manik maka dia akan memiliki sifat mudah marah, mudah tersinggung, gembira dan punya tenaga terus menerus. Hal ini akan sangat berbahaya saat dia berkendara karena dia tanpa rasa takut memacu kendaraanya dengan cepat.

Sedangkan untuk gejala depresi merupakan kebalikan dari gejala manik, dimana seseorang akan merasa sedih, murung, tanpa tenaga. menangis dan bahkan untuk mengangkat tangannya pun dia tidak mampu. Dua sisi suasana hati itu dapat terjadi bergantian selama seminggu dan saat itu terjadi maka perlu adanya seseorang pendamping di dekatnya.

Jenis gangguan bipolar
Secara umum gangguan bipolar dapat dibagi menjadi tiga jenis:
1. Unipolar
Merupakan gangguan bipolar tahap awal dan mungkin yang paling ringan karena seseorang tersebut hanya akan mengalami gangguan depresi.

2. Bipolar tipe 1
Merupakan tipe bipolar tingkat kronis, pelaku akan memiliki kedua tipe perubahan suasana hati baik itu manik maupun depresi, pada tipe ini penyakit akan sering kambuh dan ada masa dimana seseorang akan berkelakuan normal. Gejala akan muncul karena dipengaruhi oleh gangguan psikologis seperti perceraian, kehilangan teman sejati, dan pertengkaran.

3. Bipolar tipe 2
Merupakan tipe bipolar ringan dan tidak mencolok, seseorang yang mengalami tipe ini akan memiliki fase manik dan depresi yang sangat singkat dan sering kali tidak terlihat oleh orang lain.

Pengobatan Bipolar
Untuk mengetahui seseorang terkena penyakit bipolar atau tidak dapat diketahui dengan melakukan pemeriksaan pada psikiater, umumnya akan dilakukan wawancara secara lisan untuk diagnosis dini.

Kehangatan dan kenyamanan dari orang-orang disekitarnya akan mampu menyembuhkan penyakit ini, dan bahkan pasien dapat sembuh total dan berprestasi seperti orang normal lainnya. Jauhi stres dan sesuatu yang dapat merangsang munculnya tanda-tanda bipolar.

Faktor penyebab pasti seseorang mengalami bipolar belum diketahui saat ini, namun beberapa kajian ilmiah menunjukkan bahwasanya faktor genetik, lingkungan, dan fisiologi merupakan faktor utama munculnya gejala bipolar. Image courtesy of  David Castillo Dominici at FreeDigitalPhotos.net

No comments:

Post a Comment