Cara Mengobati Orf, Penyakit Keropeng Mulut Pada Ternak Ruminan

Kak Rohma - Cara Beternak: Orf atau yang sering disebut Ecthyma Contagiosa merupakan salah satu jenis penyakit pada ternak yang sering muncul di Indonesia, bersifat menular baik itu dari ternak satu ke ternak lainnya maupun dari ternak ke manusia, untuk itu orf merupakan penyakit yang bersifat zoonosis.

Orf  merupakan penyakit yang sering di derita ternak ruminansia seperti kambing, domba dan sapi, namun yang sering terjadi hanya pada kambing dan domba. Penyakit ini disebabkan oleh adanya virus yang menginfeksi bagian kulit ternak terutama pada bagian mulut.

Tanda-tanda ternak terkena orf:
1. Munculnya lesi atau keropeng pada mulut, biasanya pertama kali muncul hanya akan terlihat kecil namun jika tidak ditangani maka dalam waktu 1 sampai 3 hari lesi tersebut akan membesar dan menutupi seluruh permukaan bibir ternak baik bagian atas maupun bawah.

2. Jika parah bagian dagu, hidung, dan kelopak mata juga akan muncul bintil keropeng namun tidak terlalu parah.

3. Ternak akan merasa gatal dan akan menggaruk - garukkan mulutnya pada bagian kandang.

4. Kambing akan terlihat kurus karena nafsu makan menurun.

5. Selain beberapa tanda yang dapat dilihat diatas, ternak akan mengeluarkan bau yang khas pada mulutnya dan ternak kebanyakan akan mengalami panas dalam.

6. Jika ternak tersebut berada dalam kandang kelompok maka akan ada satu atau beberapa ternak lainnya yang tertular.

Cara mengobati orf:
1. Sembuh dengan sendiri
Karena penyakit ini disebabkan oleh adanya virus tertentu maka masih belum ada obat yang benar-benar bisa menyembuhka, namun jika dibiarkan orf akan hilang dengan sendirinya selama 3-4 minggu dan ternak akan menghasilkan antibody sehingga dikemudian hari ternak tidak akan terkena orf kembali, namun jika terkena lagi maka tidak akan parah.

2. Mempercepat penyembuhan
Yang bisa peternak lakukan yakni dengan mempercepat penyembuhan, ternak yang terkena orf bisa diberikan obat antibiotik (pembunuh bakteri) agar luka yang muncul tidak terinfeksi bakteri dan luka lebih cepat kering. Umumnya antibiotik bisa diberikan lewat oral maupun injeksi.

3. Memberi pakan cukup
Hindari pakan yang kasar, selain itu berikan juga pakan yang cukup nutrisinya maupun cukup jumlahnya, dengan begitu tubuh ternak akan dengan cepat memperbaiki bagian tubuhnya yang rusak dan luka.

4. Hindari Luka dari lalat
Anda bisa memberi obat luar yang mengandung antibiotik pada bagian keropeng, hal ini juga berfungsi untuk menjauhkan luka dari lalat.

5. Membuka keropeng
Setelah anda memberi antibiotik, memberi pakan cukup, serta memberi obat luar, maka tunggu sampai keropeng berwarna hitam dan tidak menyebar lagi, maka dalam fase ini orf akan sembuh. Namun jika anda membiarkannya maka akan membutuhkan waktu yang lama sampai benar-benar hilang, untuk mengatasinya bukalah keropeng yang sudah menghitam gosok dengan kain hangat atau kapas bersih sampai keropeng benar-benar hilang, beri obat luka maka sudah dipastikan pada hari berikutnya bagian kulit yang ada lesi akan benar-benar bersih dan kering.

Orf biasanya dialami ternak yang baru dibeli, karena stress maka daya tahan tubuhnya menurun sehingga mudah terkena penyakit, selain itu pakan yang kasar dan berbulu juga dapat memicu penyakit ini, pisahkan ternak yang terkena penyakit orf agar ternak yang lain tidak tertular.

Pakai sarung tangan saat mengatasi ternak yang terneka orf agar anda tidak ikut tertular. Foto dokumen pribadi

No comments:

Post a Comment