Kandungan Buah Pepaya Untuk Atasi Gangguan Pencernaan

Kak Rohma - Gangguan Pencernaan: Pepaya merupakan buah tropis yang kaya akan manfaat, mulai dari daun, buah, dan batang memiliki beragam kegunaan. Namun yang sering dikonsumsi oleh manusia adalah bagian buahnya. Buah pepaya memiliki daging yang tebal dan juga memiliki biji yang banyak didalamnya.

Buah pepaya yang memiliki kandungan vitamin A dan C tinggi sangatlah baik untuk dikonsumsi, serat yang ada didalamnya membantu seseorang terhindar dari masalah sembelit, selain itu pepaya juga mengandung antibiotik alami (karpain, karposit, kautsyuk, dan papayotin) antibiotik tersebut dapat menghambat pertumbuhan bakteri yang merugikan di dalam usus.

Bagi ibu hamil yang memiliki gangguan pencernaan seperti kesulitan memecah protein, bisa mengkonsumsi buah pepaya matang, didalam buah pepaya terkandung enzim protease yang disebut papain yang mampu membantu dalam mencerna dan mengurai protein di dalam saluran pencernaan.

Namun perlu diperhatikan bagi ibu hamil untuk tidak mengkonsumsi buah pepaya pada usia kehamilan muda karena mengandung zat lateks, zat lateks dapat menyebabkan pendarahan pada plasenta. Selain itu pada beberapa kasus zat papain yang kandungannya masih banyak pada pepaya muda dapat mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada bayi.

Bagi beberapa orang lateks yang terdapat di dalam buah pepaya dapat mengakibatkan munculnya alergi, untuk itu sangat disarankan berkonsultasi pada dokter kandungan terlebih dahulu bagi ibu hamil sebelum mengkonsumsi pepaya.

Manfaat lain buah pepaya
1. Menjaga Tekanan Darah
Pepaya mengandung potasium atau kalium dalam jumlah yang tergolong cukup tinggi yakni 257 mg/100 gram, potasium memiliki peranan penting dalam menjaga tekanan darah, untuk itu bagi seseorang yang memiliki penyakit jantung dapat memasukkan buah pepaya dalam menu diet harian.

2. Menjaga kesehatan mata
Kandungan vitamin A yang tinggi dalam buah pepaya mampu menjaga mata seseorang agar tetap sehat, vitamin A akan membantu penglihatan dengan cara mengkonversi sinyal moleklul dari sinar yang ditangkap retina untuk menjadi proyeksi gambar di otak kita. Sediakan sesalu buah pepaya dalam menu harian anda jika anda memiliki masalah dalam penglihatan.

3. Menjaga kesehatan tubuh
Kandungan vitamin C yang tinggi dapat menjaga tubuh dari adanya radikal bebas, karena vitamin C dalam pepaya berfungsi sebagai antioksidan alami. Selain itu vitamin C juga dapat menangkal nitrit sebagai penyebab munculnya kanker, terutama kanker usus.

4. Penting untuk diet
Kandungan nutrisi lengkap dalam buah pepaya terutama serat dapat membantu seseorang yang sedang menjalankan program diet guna menurunkan berat badan berlebih. Image courtesy of  satit_srihin at FreeDigitalPhotos.net

No comments:

Post a Comment