Cuka Buah Apel Untuk Menghilangkan Batu Ginjal

Kak Rohma - Batu Ginjal: Walaupun penyakit batu ginjal tidak mengakibatkan kematian secara mendadak, namun penyakit ini akan menimbulkan gangguan kesehatan pada seseorang, seseorang yang memiliki batu ginjal cenderung merasakan berbagai masalah kesehatan seperti nyeri, gangguan saluran kencing, dan jika parah akan mengalami pendarahan dan infeksi.

Batu ginjal adalah massa yang terbentuk didalam ginjal memiliki bentuk seperti batu yang keras, batu ginjal terbentuk dari adanya limbah dan sisa-sisa kotoran yang berasal dari darah yang kemudian disaring oleh ginjal, hasil saringan limbah tersebut dapat mengendap dan mengkristal dan membesar seiring waktu.

Cuka Buah Apel Untuk Atasi Batu Ginjal
Dewasa kini banyak sekali teknologi pengolahan hasil perkebunan, dan salah satunya adalah cuka sari buah apel. Cuka buah apel dipercaya memiliki beragam manfaat dan khasiat bagi tubuh dan salah satunya adalah membantu menghancurkan batu ginjal.

Cuka buah apel yang memiliki banyak vitamin A dan C dapat membantu tubuh dalam menghancurkan batu ginjal, kemudian serpihan batu dapat keluar saat buang air kecil, untuk itu bagi penderita batu ginjal sangat disarankan untuk mengkonsumsi air dalam jumlah banyak agar tidak terjadi pengendapan dan memudahkan membuang endapan ginjal.

Konsumsi cuka apel dengan dicampurkan air perasan lemon dan minyak zaitun, selama beberapa kali dalam seminggu terutama saat rasa nyeri muncul dengan tiba-tiba.

Selain mengkonsumsi cuka sari apel maka sangat disarankan untuk melakukan diet sehat dengan menghindari beberapa makanan seperti makanan berkafein, protein hewani tinggi, berkarbonasi, susu dan produk turunanya, serta makanan yang memiliki kandungan kalsium, oksalat, dan vitamin D tinggi.

Pencegahan Batu Ginjal
Untuk mencegah terjadinya batu ginjal sebenarnya tidak terlalu sulit, anda bisa menghindari beberapa makanan seperti diatas, serta mengkonsumsi banyak air, tujuannya dengan mengkonsumsi banyak air maka urin didalam tubuh kita semakin encer dan limbah sisa penyaringan darah yang ada di ginjal tidak mengendap dan bisa langsung terbawa keluar.

A. Beberapa makanan atau minuman dengan kandungan oksalat tinggi:
Susu dan kacang kedelai
Ikan sarden
Cokelat
Teh
Bayam
Bir
Tahu
Kopi
Terong
Tempe

B. Beberapa makanan dengan kandungan vitamin D tinggi:
Susu dan kacang kedelai
Tempe
Minyak ikan
Tiram
Jamur
Kuning telur
Hati sapi
Tiram
Tahu

C. Beberapa makanan dengan kandungan kalsium tinggi
Bayam
lobak
kol
susu
keju
yogurt
pisang
alpukat
kacang-kacangan
makanan sarden
dan beberapa air mineral kemasan

Untuk menghilangkan batu ginjal yang berukuran kecil juga dapat dilakukan dengan mengkonsumsi obat-obatan yang telah di resepkan oleh dokter, misalnya obat allopurinol. Image courtesy of  rajcreationzs at FreeDigitalPhotos.net

No comments:

Post a Comment