Tidur Cukup Cara Alami Memutihkan Kulit Wajah

Kak Rohma - Cara Memutihkan Kulit: Kulit merupakan bagian tubuh terluar yang sangat penting peranannya bagi tubuh, kulit putih dan sehat merupakan salah satu tanda bahwa seseorang tersebut memiliki kebiasaan hidup yang baik, untuk menjaga kulit tersebut maka tidak hanya harus melakukan perawatan namun tidur cukup pun harus dilakukan.

Hubungan antara tidur dan kulit sehat
Tidur adalah salah satu rutinitas wajib yang memakan 1/3 umur manusia, sayangnya tidak banyak hasil penelitian yang mengatakan hubungan antara tidur dan kecantikan kulit, padahal sejak dahulu kita telah mengenal beauty sleep yang memiliki arti bahwa tidur dapat mempercantik seseorang terutama kulit. Bagi orang yang memiliki banyak rutinitas serta memiliki waktu tidur yang pendek akan memiliki kulit wajah yang terlihat lebam, kusam, dan berkerut. dan lebih parahnya lagi wajah akan terlihat lebih tua dibandingkan usia yang dimiliki.

Saat seseorang kekurangan tidur maka tubuh akan menghasilkan hormon stres berlebih yang disebut hormon kortisol, hormon tersebut yang mengakibatkan wajah menjadi kusam, bengkak, dan terjadi kerutan karena dapat memecah lemak dan protein kulit, selain itu hormon ini juga dapat mengakibatkan sistem imun tubuh menurun sehingga mudah terkena penyakit.

Efek produksi hormon kortisol berlebih:
1. Kulit wajah terlihat membengkak, tidak bercahaya, dan berkerut.
2. Sistem kekebalan tubuh baik hormonal maupun selular akan menurun sehingga mudah terserang penyakit.
3. Dapat meningkatkan berat badan karena hormon ini mampu memecah lemak yang berada di hati dan memindahkannya pada otot perut, serta meningkatkan nafsu makan. Untuk itu bagi seseorang yang begadang akan merasa mudah lapar.

Tips tidur yang sehat
Tidur adalah rutinitas wajib yang perlu anda lakukan, tidur yang cukup yakni antara 6-8 jam perhari sangat dibutuhkan tubuh terutama untuk kulit, saat tidur tubuh akan menghasilkan hormon pertumbuhan dimana hormon itu jika pada anak kecil penting untuk pertumbuhan dan perkembangan sedangkan pada orang dewasa hormon tersebut berperan penting dalam memperbaiki jaringan yang rusak.

Tidur yang cukup juga akan mengembalikan kesegaran otak dan kulit, kulit akan menjadi lembab kembali untuk itu guna memaksimalkan tidur sehat sebaiknya lampu dimatikan agar hormon tidur dapat diproduksi secara optimal.

Selain tidur yang cukup konsumsilah banyak air saat siang hari guna menjaga selalu kelembapan kulit, namun jangan konsumsi air berlebih saat akan tidur karena dapat mengganggu tidur anda karena gangguan ingin kencing.

Anda juga dapat melakukan beragam perawatan wajah seperti memakai masker saat sebelum tidur, pastikan masker wajah tersebut mengandung beragam nutrisi penting guna menutrisi kulit wajah seperti vitamin C, Vitamin E, vitamin B, dan omega-3. Image courtesy of  Ambro at FreeDigitalPhotos.net

No comments:

Post a Comment