Pengertian Antibiotik, Dan Makanan Sumber Antibiotik Alami

Kak Rohma - Obat Antibiotik: Saat seseorang mengalami sakit perut banyak orang yang akan menyarankan untuk meminum obat supertetra yang bisa dibeli bebas di toko, namun tahukah anda apa itu obat supertetra, supertetra merupakan salah satu obat antibiotik ringan yang bisa dikonsumsi secara oral guna membunuh bakteri dan salah satunya kuman penyebab sakit perut.

Jadi antibiotik adalah sekumpulan beberapa senyawa yang dapat menekan dan menghentikan proses kimia dan biologi pada organisme bakteri, antibiotik berbeda dengan pestisida karena cara kerjanya namun memiliki tujuan yang sama yakni membunuh organisme yang merugikan.

Penggolongan antibiotik
Berdasarkan cara kerja antibiotik, dapat digolongkan menjadi 4 golongan yakni antibiotik yang merusak dinding sel, mengganggu proses pembentukan protein bakteri, penghenti proses sintesis DNA bakteri, dan antibiotik yang memiliki spektrum luas.

1. Antibiotik yang merusak dinding sel bakteri
Antibiotik ini bekerja dengan cara merusak proses pembentukan dinding sel bakteri saat terjadi proses reproduksi, sehingga tidak terjadi perkembangbiakan bakteri baru. Antibiotik yang masuk dalam golongan ini adalah penisilin dan sefalosporin.

2. Antibiotik yang mengganggu pembentukan protein bakteri
Jenis antibiotik ini akan mengganggu proses biosintetik bakteri, sehingga sangat cocok diberikan pada pasien yang memiliki alergi terhadap antibiotik penisilin, namun beberapa efek dapat muncul seperti jika obat antibiotik tidak dikonsumsi sampai habis dapat mengakibatkan bakteri dapat kebal terhadap jenis antibiotik ini.

Antibiotik yang masuk dalam golongan ini adalah Aminoglikosida, Makrolida.

3. Antibiotik penghenti sintesis DNA bakteri
Merupakan jenis antibiotik yang bisa dikonsumsi lewat oral karena mudah diserap oleh tubuh, namun sangat dilarang untuk dikonsumsi bagi ibu hamil dan menyusui karena dapat mempengaruhi pertumbuhan tulang janin.

Antibiotik ini dapat secara langsung menghentikan proses sintesis DNA bakteri, contoh antibiotik jenis ini adalah Fluoroquinolones.

4. Antibiotik berspektrum luas
Yakni jenis antibiotik yang memiliki aktivitas kerja yang luas sehingga saat digunakan maka dapat mengobati beberapa masalah infeksi bakteri berbeda secara bersamaan seperti mengobati infeksi pernafasan, infeksi saluran kemih, dan sebagainya.

Antibiotik yang termasuk golongan ini adalah Tetrasiklin (tetracyclines) dan polipeptida (polypeptides).

Makanan sumber antibiotik alami
Cara mudah untuk mendapatkan antibiotik adalah dengan mengkonsumsi obat sintetik, namun beberapa jenis makanan berikut juga memiliki antibiotik alami yang mampu membunuh bakteri penyebab penyakit.
1. Makanan fermentasi
2. Bawang merah dan bawang putih
3. Madu mentah
4. Kunyit
5. Kubis
6. Lemon
7. Jahe, dan
8. Minyak kelapa.

Pemberian antibiotik dapat dilakukan dengan memberikan secara oral, salep, maupun suntikan. Pada beberapa kasus pemberian antibiotik akan diberikan kepada pasien yang memiliki luka pada bagian luar agar tidak terinfeksi bakteri dan luka menjadi lebih cepat kering. Image courtesy of  jk1991 at FreeDigitalPhotos.net

No comments:

Post a Comment