Mengatasi Rambut Rontok Dengan Cara Sederhana

Kak Rohma - Rambut Rontok: Siapa sih yang tidak takut memiliki rambut mudah rontok? rambut rontok parah mungkin saja bisa menyebabkan kebotakan pada sebagian orang, namun beberapa perawatan sederhana bisa anda lakukan dirumah. Sebelum anda melakukan beberapa perawatan untuk rambut rontok maka yang perlu diperhatikan terlebih dahulu adlaah mengetahui apa saja yang menjadi penyebab rambut menjadi mudah rontok.

Penyebab rambut rontok
Rambut yang rontok masih dikatakan wajar jika jumlahnya antara 40 sampai 100 helai perhari, dan jumlah ini sangatlah sedikit dibandingkan dengan jumlah keseluruhan rambut yakni 100.000 lebih. Selama masa hidup, rambut memiliki 3 siklus, yang pertama, adalah fase pertumbuhan, rambut baru akan tumbuh dan memanjang selama kurun waktu 3 tahu, fase istirahat dimana rambut yang telah mengalami pertumbuhan akan beristirahat selama 3 minggu, setelah fase pertama dan kedua selesai maka pada fase terakhir, yakni fase pelepasan dimana rambut akan melepaskan diri dari kulit kepala dan proses ini akan berlangsung selama 3 bulan.

Dalam kondisi yang normal rambut akan mengalami fase pertumbuhan dan istirahat sebesar 90%, sedangkan sisa 10% adalah merupakan fase rambut pelepasan. Selain beberapa hal tersebut ternyata rambut yang rontok juga dipengaruhi oleh beberapa penyebab seperti berikut:
1. Gangguan hormonal
2. Kehamilan dan persalinan
3. obat-obtan
4. Infeksi kulit kepala
5. Menopaus
6. Kekurangan gizi
7. Penyakit antoimun
8. Stres dan gangguan emosional
9. Penataan rambut berlebih.

Cara sederhana mengatasi rambut rontok
1. Menghindari penyebab rambut rontok
Yang pertama harus dilakukan adalah mengetahui apa yang menjadi penyebab rambut anda menjadi rontok, dengan begitu anda bisa menjauhi penyebab tersebut untuk mengatasi kerontokan rambut berlebih. Hal ini perlu di lakukan sebelum anda melakukan berbagai perawatan rambut.

2. Melakukan pemijatan untuk kulit kepala
Bukan hanya bagian wajah, dan tubuh yang membutuhkan pijtan, anda juga perlu melakukan pijtan pada bagian kepala, hal ini bertujuan agar sirkulasi darah di kepala ada menjadi lebih lancar, selain itu folikel-folikel rambut akan menjadi lebih aktif dan sehat kembali. Tambahkan beberapa minyak alami seperti minyak zaitun, minyak biji anggur, minyak kelapa dan sebagainya.

3. Menggunakan berbagai masker dari bahan alami
Masker bahan alami saat ini mungkin bukan hal asing lagi, karena harganya yang tergolong lebih murah, serta tidak memiliki efek samping memungkinkan masker bahan alami wajib anda coba. berbagai bahan yang bisa digunakan seperti alpukat, jeruk nipis, bawang putih, minyak kemiri, teh hijau, dan lidah buaya.

Cobalah untuk membuat masker alami sesuai dengan kondisi rambut anda, untuk rambut kering gunakan buah alpukat dan minyak kemiri, sedangkan untuk rambut yang cenderung berminyak bisa ditambahkan perasan jeruk nipis, kombinasikan dengan bahan lain utnuk hasil yang lebih optimal. Image courtesy of  marin at FreeDigitalPhotos.net

No comments:

Post a Comment