Cara Alami Menghilangkan Ketombe Dengan Cepat

Kak Rohma - Cara Menghilangkan Ketombe: Kulit kepala anda sedang terserang ketombe? jangan panik itu mungkin masih dalam tahap wajar. Ketombe adalah proses pengelupasan kulit kepala secara berlebih, namun jika terjadi secara berlebihan dan secara terus menerus mungkin ada masalah yang sedang terjadi pada kulit kepala anda.

Beberapa penyebab pengelupasan kulit kepala seperti adanya infeksi jamur, adanya kutu, bakteri, atau karena hormonal seperti yang terjadi pada beberapa orang yang setelah mengalami sakit dia terkena ketombe hebat. Namun secara umum ketombe dapat diatasi dengan sampo khusus ataupun tanpa pengobatan.

Cara menghilangkan ketombe secara alami:
1. Menghindari penyebab munculnya ketombe
Sebelum anda melakukan beberapa perawatan untuk mengatasi ketombe yang muncul, alangkah baiknya terlebih dahulu mengetahui apa yang menjadi penyebab anda terkena ketombe, apakah karena hormonal stres, obat-obatan, shampo yang tidak cocok, adanya infeksi, atau adanya kutu pada rambut anda.

Hindari penyebab ketombe tersebut agar setelah pengobatan ketombe tidak muncul lagi.

2. Melakukan pemijatan kulit kepala
Cara paling mudah dan aman untuk menghilangkan ketombe adalah dengan melakukan pemijatan pada kulit kepala, tambahkan beberapa bahan alami seperti cuka yang telah di encerkan dengan air, lidah buaya, minyak zaitun, perasan jeruk nipis/ lemon, yoghurt, pilih dari beberapa bahan tersebut untuk melumuri kulit kepala dan pijat-pijat lembut selama beberapa menit kemudian bilas hingga bersih.

3. Mencukupi kebutuhan nutrisi rambut
Pada beberapa kasus seseorang yang kekurang gizi, maka sudah dipastikan di kulit kepalanya terdapat ketombe dan bahkan rambunya mudah rontok. Hal tersebut dikarenakan terjadinya defisiensi mineral seng. untuk mengatasinya konsumsilah makanan yang tinggi akan seng seperti biji-bijian dan kacang-kacangan, daging ayam, dan jika perlu konsumsilah suplemen rambut.

4. Menggunakan shampo anti ketombe dengan benar
Jika shampo anda menjadi penyebab munculnya ketombe, maka segeralah menggantinya dengan jenis shampo antiketombe, cucilah rambut sekitar 2-3 kali dalam seminggu agar rambut tidak terlalu kering, karena jika terlalu sering mencuci rambut dapat menyebabkan kulit kepala menjadi lebih kering dan terjadi iritasi yang dapat memperparah ketombe anda.

Diamkan selama 5 menit kemudian bilas sampai busa benar-benar bersih. Image courtesy of  marin at FreeDigitalPhotos.net

No comments:

Post a Comment