Tips Membeli Komputer/ PC Desktop Rakitan Baru

Kak Rohma - Komputer rakitan: Saat ini komputer maupun laptop merupakan sarana wajib dalam sebuah rumah, banyak pekerjaan yang menggunakan komputer di jaman sekarang. Mulai dari mengetik, mengedit foto dan video, koneksi internet dan banyak lainnya.

Walaupun saat ini komputer desktop tidak sepopuler dulu namun banyak hal yang tidak dapat dilakukan pada laptop dan membutuhkan komputer karena kemampuannya, seperti merender video, desain grafis tingkat tinggi dan sebagainya. Selain itu komputer juga memiliki kemudahan dalam mengganti komponen jadi jika ada kerusakan atau ingin meng upgrade tinggal bongkar pasang komponen yang ada.

Namun jika anda ingin membeli komputer disarankan untuk membeli komputer rakitan karena bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan serta bisa disesuaikan dengan peruntukan komputer itu sendiri atau untuk render video, game, atau hanya untuk mengetik keseharian.

Tips membeli komputer rakitan:
1. Memilih penjual/toko
Yang pertama anda lakukan adalah mencari informasi dimana saja penjual komputer rakitan yang terbaik dan menawarkan harga yang miring, ini perlu anda lakukan agar nanti tidak menyesal saat anda tahu bahwa di tempat toko tersebut memberikan harga yang sedikit lebih mahal.

2. Kegunaan komputer nantinya
Jangan asal membeli komputer rakitan baru, bilang pada penjual bahwa komputer yang nantinya digunakan untuk hanya sekedar main game, warnet, desain, atau mengerjakan tugas makalah harian. karena semakin berat pekerjaan maka semakin tinggi pula spek atau fitur komputer tersebut.

3. Budget atau kemampuan finansial
Bilang juga pada penjual komputer berapa dana yang sedang anda bawa, sehingga penjual bisa menaikkan atau menurunkan fitur pada komponen komputer rakitan anda, seperti kapasitas hard disk, monitor yang dipilih, casing CPU dan sebagainnya.

4. Spesifikasi komputer 
Jika budget dan kegunaan komputer nantinya sudah anda katakan pada si penjual, maka penjual akan memberikan beberapa spesifikasi komputer anda nantinya yang akan dibuat. diantarnya seperti prosesor apakah core2duo, I3, atau I7, Motherboard, HDD, VGA, RAM, PSU, dan sebagainya.

5. Lainnya
Setelah 4 point diatas, tanyakan pula berapa lama proses perakitan, windows apa yang bisa di instalkan, aplikasi atau game yang bisa dimasukkan. Setelah semua selesai Hardware maupun software komputer anda, maka anda bisa mencoba langsung apakah komputer anda berjalan lancar sebelum anda membawa pulang.

Pastikan juga anda membawa teman yang bisa dimintai pendapat saat membeli komputer. Image courtesy of  Stuart Miles at FreeDigitalPhotos.net

No comments:

Post a Comment