Cara Mengobati Sakit Mata Belekan Dengan Obat Tradisional

Kak Rohma - Obat Sakit Mata: Siapa sih yang tidak pernah mengalami sakit mata, organ yang terdapat di wajah ini sangat penting keberadaannya, karena letaknya di depan banyak hal yang dapat mengakibatkan mata menjadi sakit, mulai dari terkena kotoran, hewan dan tertular bakteri maupun virus.

Penyebab penyakit mata belekan sangat beragam mulai dari mata terkena cidera, masuknya kotoran, dan adanya bakteri yang bersarang didalam mata. Pada penyakit mata karena bakteri dan virus umumnya sangat menular dari satu orang ke orang terdekat baik melalui kontak langsung maupun tidak. Mata yang sakit akan memerah, kulit sekitar mata membengkak, dan keluar banyaknya belekan. Beberapa kejadian yang parah bisa mengakibatkan kebutaan seperti mata yang cedera dan luka kemudian terinfeksi oleh bakteri.

Cara mengobati sakit mata belekan berdasarkan penyebabnya:
1. Sakit mata akibat virus
Sakit mata ini disebabkan adanya virus yang masuk ke dalam mata kita, tidak ada obat yang benar-benar bisa mengatasi sakit mata akibat virus, umumnya sakit mata akibat virus akan sembuh dengan sendirinya seiring dengan kondisi tubuh yang sehat dan tubuh memproduksi antibodi untuk melawan virus tersebut. Namun beberapa obat bisa diberikan seperti pemberian antibiotik guna mencegah infeksi sekunder atau lanjutan akibat adanya bakteri.

2. Sakit mata akibat bakteri
Umumnya penyebab mata belekan yang menular disebabkan oleh bakteri, bakteri akan menginfeksi mata sehingga tubuh mengeluarkan banyak air mata sebagai pertahanan diri dari bakteri. Untuk mengobatinya anda bisa memberi obat mata yang mengandung antibiotik baik tetes maupun pasta. Beberapa bahan alami seperti air rebusan daun sirih, dan air teh dipercaya mengandung antibiotik alami yang mampu membunuh bakteri.

3. Sakit mata akibat cidera/luka
Memiliki beberapa gejala penting seperti mata merah, gatal, selalu berair, keluar belekan, adanya luka, dan sensitif terhadap cahaya, namun jika sudah parah dan terinfeksi bakteri maka pada bagian kornea mata akan berwarna putih kekuningan dan terjadi gangguan penglihatan.

Pada kondisi yang masih ringan dapat diobati dengan obat tetes mata yang mengandung antibakteri/ antibiotik, dan anti jamur, namun pada kondisi yang sudah parah harus dilakukan operasi guna mengembalikan kondisi kornea.

Beberapa penyebab lain mata menjadi belekan adalah alergi, bisa alergi karena debu, bulu, serbuk bunga, dan angin. Sakit mata karena alergi tidak menular namun jika dibiarkan akan mudah terjadi iritasi dan timbul infeksi oleh bakteri. Pemberian obat tetes mata sangat dianjurkan guna membersihkan mata dari penyebab alergi. Image courtesy of  arztsamui at FreeDigitalPhotos.net

No comments:

Post a Comment