Ancaman Kesehatan Akibat Kurang Tidur Bagi Pria Dan Wanita

Kak Rohma - Akibat Kurang Tidur: Aktifitas dimalam hari di jaman sekarang bukanlah hal yang aneh, banyak orang melakukan aktifitas dan bekerja dimalam hari, terutama bagi pelajar yang memiliki segudang pekerjaan yang harus secepatnya diselesaikan. Namun banyak orang juga memiliki malasah tidur dimalam hari sehingga membuat pola tidurnya tidak teratur dan cenderung sangat kurang.

Secara garis besar akibat tubuh kurang tidur sangat mempengaruhi daya konsentrasi otak, adanya tekanan darah yang naik, dan kulit tubuh yang kusam. Untuk lebih jelasnya berikut uraiannya:

1. Akibat kurang tidur terhadap tekanan darah
Bagi seseorang baik pria maupun wanita yang sering begadang dan tidur kurang dari 6 jam per hari maka tekanan darahnya akan mengalami kenaikan, karena saat kurang tidur tubuh akan memproduksi hormon kortisol yakni hormon stress secara berlebih.

2. Akibat kurang tidur terhadap konsentrasi otak
Kurang tidur mengakibatkan seseorang menjadi lebih lalai dan kurang tanggap terhadap sesuatu, sehingga bagi pengendara yang sering begadang diwajibkan untuk melakukan tidur secukupnya agar dapat meningkatkan kewaspadaan dan fokus otak, selain itu kurang tidur juga mengakibatkan rusaknya sel-sel otak karena otak tidak dapat membersihkan plak-plak protein.

3. Akibat kurang tidur terhadap perubahan mental
Kurang tidur dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang, seseorang yang kurang tidur cenderung mudah marah dan memiliki mood yang tidak baik, mereka juga kurang pandai mengontrol amarah dan sering mengalami kecemasan berlebih.

4. Akibat kurang tidur mengakibatkan kegemukan
Bagi beberapa orang yang memiliki masalah berat badan maka tidak disarankan untuk begadang, karena pada saat begadang produksi hormon leptin yakni hormon yang membuat anda merasa kenyang akan berkurang sehingga anda menjadi mudah lapar.

5. Akibat kurang tidur terhadap kesehatan kulit dan pertumbuhan
Hormon stress berupa kortisol yang produksinya naik saat kurang tidur dapat mengakibatkan kulit menjadi bengkak, kusam dan berkerut, karena hormon kortisol yang berlebih dapat memecah protein atau kolagen kulit dimana kolagen sendiri memiliki peranan dalam menjaga elastisitas kulit tubuh.

Hormon kortisol juga dapat menghambat produksi hormon pertumbuhan yang berfungsi untuk meningkatkan masa otot, tulang dan kulit. Beberapa masalah kesuburan juga sering muncul akibat kurang tidur seperti jumlah sperma sedikit dan ovulasi terganggu.

Cukupi kebutuhan tidur tubuh kita agar tidak mengakibatkan masalah-masalah kesehatan tubuh terutama saat anda berkendara. Image courtesy of  FrameAngel at FreeDigitalPhotos.net

No comments:

Post a Comment