Tips Merawat Dan Cara Ternak Kelinci Dengan Benar

Kak Rohma: Ternak Kelinci - Kelinci adalah salah satu hewan lucu yang banyak disukai oleh anak kecil, kelinci memiliki bentuk yang lucu dan bulu yang halus, sehingga banyak orang tertarik untuk memeliharanya. Selain sebagai hewan peliharaan untuk hobi kelinci juga dapat digunakan sebagai bahan makanan yang tinggi akan protein.

untuk melakukan ternak kelinci baik dalam sekala kecil maupun sekala besar yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cara merawatnya dengan benar, kelinci adalah hewan herbivora sehingga untuk mendapatkan pakan cukup mudah dan murah, bagi anda yang memiliki ternak kelinci berikut beberapa tips bagaimana merawatnya.

Tips merawat kelinci
1. Memberi makan
Seperti ternak pada umumnya kelinci cukup diberi pakan dua kali dalam sehari, pagi dan sore hari. makanan yang biasa diberikan adalah rumput-rumputan, limbah sayuran dan buah, dan ampas (tahu, tempe, sisa parutan kelapa, dll) namun jika tujuannya untuk pembibitan bisa diberi pakan konsentrat, dedak halus yang dicampur air, jagung dan makanan lainnya yang tinggi nutrisi.

2. Tempat pemeliharaan
Jika kalian memiliki lahan yang luas  maka kelinci dapat dilepas, namun untuk pembibitan penggunaan kandang lebih diutamakan karena kelinci dapat di amati secara terus menerus, kandang bisa terbuat dari bambu atau kayu.

3. Waspadai hama
Hama pengganggu yang sering membunuh kelinci adalah kucing dan tikus, biasanya tikus akan memakan anakan kelinci jika masih kecil dan belum memiliki bulu, sedangkan kucing biasanya akan mengejar-ngejar anakan kelinci hingga lemas.

4. Penyakit
Kelinci tidak memiliki banyak penyakit yang perlu diwaspadai, beberapa penyakit yang sering muncul adalah kembung, penyakit mata, dan kutu. Untuk masalah kembung usahakan jangan memberi pakan rumput muda, untuk penyakit mata bisa diberi obat tetes mata yang mengandung antibiotik, sedangkan untuk kutu atau scabies bisa diberi suntikan bawah kulit dengan obat-obatan scabies seperti wormectin.

Kelinci tidak membutuhkan perawatan untuk menjaga bulunya agar tetap cantik, namun jika untuk kontes beberapa perawatan rambut seperti memandikan, mencukur, dan menyisir bisa dilakukan.

Cara ternak kelinci
Jika anda ingin melakukan budidaya ternak kelinci baik untuk diambil daging ataukah untuk melakukan pembiakan jenis kelinci eksotik bisa dilakukan dengan cara sederhana, yang perlu anda pahami adalah cara memilih indukan yang baik, mengetahui usia kandungan, lepas sapih anak kelinci dan usia kelinci dikawinkan, selain itu anda juga harus paham cara mengatasi berbagai penyakit yang menyerang kelinci anda agar tidak menimbulkan kerugian usaha.
Lama kelinci hamil: 30 sampai 35 hari
Lepas sapih anak kelinci: 2 bulan keatas
Umur kelinci siap kawin: 5.5 bulan keatas.

Setelah lepas sapih maka indukan bisa dikawinkan lagi, Beri pakan yang tinggi protein dan karbohidrat, serta mineral agar kelinci tidak mengalami kelumpuhan yang merupakan tanda defisiensi nutrisi. Image courtesy of piyato at FreeDigitalPhotos.net

No comments:

Post a Comment