2 Penyebab Utama Seseorang Terkena Penyakit Lupus

Penyakit Lupus - Lupus adalah salah satu jenis penyakit mematikan yang sangat ditakuti, kejadian penyakit ini terjadi lebih banyak pada wanita dibandingkan dengan pada pria, Seseorang yang mengalami penyakit ini akan mengalami beberapa masalah pada organ dalam mereka terutama organ ginjal dan hati.

Lupus merupakan penyakit yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh manusia, dimana sel pertahanan tubuh yakni terutama sel darah putih mengalami kelainan dimana yang secara alami sel ini berfungsi dalam menjaga tubuh dari masuknya kuman penyebab penyakit namun sel ini justru akan menyerang tubuh penderitanya. Sel antibodi akan kehilangan kemampuan dalam membedakan antara protein kuman dengan protein tubuh, untuk itu antibodi akan menyerang sel dalam tubuh penderita.

Bagi penderita penyakit lupus akan menunjukkan beberapa tanda dan gejala seperti munculnya ruam-ruam pada tubuh terutama pada bagian wajah, anemia, gangguan ginjal, paru-paru dan hati, serta adanya nyeri pada persendian.

Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang membutuhkan pengobatan dan terapi jangka panjang, pasien akan diberikan berbagai obat sesuai dengan tanda dan gejala yang dialaminya seperti obat anti radang/ anti inflamasi, obat anti malaria, dan obat kortikosteroid.

Penyebab penyakit lupus
Penyakit lupus disebabkan oleh adanya sistem kekebalan tubuh yang menyerang organ dan jaringan dalam tubuh, hal ini bisa terjadi karena 2 faktor utama, yakni faktor internal berupa genetik, dan faktor eksternal berupa lingkungan.
1. Faktor internal
Faktor internal penyebab lupus adalah genetika seseorang, genetika tertentu mengakibatkan adanya kelainan pada kekebalan tubuh seseorang, untuk itu penyakit ini tidak menular namun dapat menurun pada generasi di bawahnya. beberapa jenis ras manusia juga memiliki peluang terkena penyakit ini lebih banyak seperti ras asia pasifik, ras amerika afrika.

2. Faktor eksternal
Faktor eksternal merupakan faktor dari luar tubuh yang mengakibatkan adanya lupus, faktor ini berhubungan dengan kondisi lingkungan serta gaya hidup. Diantara faktor eksternal seperti:
a. Konsumsi obat-obatan anti kejang, antibiotik, dan tekanan darah.
b. Terkena paparan sinar UV baik dari lampu maupun dari sinar matahari langsung.
c. Stres berlebih

Penderita lupus dapat hidup dengan normal selayaknya orang biasa, mengkonsumsi obat-obatan akan dilakukan seumur hidup pasien guna mencegah munculnya gejala lupus, namun odipus (penderita lupus) sangat disarankan untuk menghindari beberapa hal penyebab penyakit kambuh seperti:
1. Menghindari pemakaian obat tertentu.
2. Mengurangi beban kerja.
3. Menghindari stres.
4. Menjauh dari paparan sinar ultra violet. Image courtesy of Maggie Smith at FreeDigitalPhotos.net

No comments:

Post a Comment