Cara Merawat Rambut Dengan Benar Dengan 4 Tips Sederhana

Cara Merawat Rambut - Rambut adalah salah satu bagian dari tubuh yang dapat menunjang penampilan, dengan rambut yang selalu sehat dan rapi akan membuat orang yang memilikinya lebih percaya diri untuk tampil didepan orang banyak terutama di depan pasangan. Rambut merupakan organ yang sebenarnya tidak memerlukan perawan lebih, anda hanya perlu mencuci 2-3 kali seminggu, dan memotongnya jika sudah panjang, namun pada beberapa masalah seperti pada rambut kering, kusam, berminyak, rontok, dan mudah patah maka diperlukan sebuah perawatan rambut ekstra untuk mengatasi masalah tersebut.

Beberapa cara perawatan rambut alami bisa dilakukan untuk mengatasi berbagai masalah rambut namun, hal yang perlu untuk diketahui adalah apa saja yang menjadi penyebab rambut anda menjadi rusak dan kurang sehat. Berikut beberapa hal yang bisa menyebabkan rambut menjadi rusak:
1. Rambut terlalu sering di cuci, bisa mengakibatkan rambut kering, kusam, dan mudah patah apalagi sampo yang digunakan mengandung bahan kimia kuat tertentu yang dapat merusak rambut, serta sampo yang dipilih tidak cocok untuk jenis rambut kita.

2. Menggunakan pengering rambut, usahakan rambut menjadi kering dengan sendirinya, selain itu hindari penggunaan alat pengering seperti hairdryer. Panas yang berlebih akan membuat rambut menjadi rusak karena terpapar oleh panas.

3. Terlalu sering hair styling, bahan kimia yang digunakan saat melakukan penataan rambut pastinya akan memiliki dampak buruk bagi kesehatan rambut. apalagi saat kita sudah tidak lagi melakukan hair styling maka sudah dapat dipastikan rambut akan dengan cepat menunjukkan efek kerusakan akibat bahan kimia.

4. Mengkonsumsi obat tertentu, walaupun kasus ini jarang terjadi, namun anda perlu berhati-hati, karena efek obat yang sedang anda konsumsi bisa menjadi salah satu penyebab rambut anda menjadi rontok dan kusam.

5. Terpapar sinar UV dan radikal bebas, baik pada kulit maupun rambut, sinar UV yang berasal dari sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan, gunakan hijab atau topi saat bepergian keluar ruangan. agar rambut anda tidak terkena sinar UV secara langsung.

6. Kekurangan gizi, hal ini sudah dapat dipastikan, seseorang yang mengalami kekurangan gizi dapat membuat rambut menjadi bermasalah. nutrisi dalam makanan diperlukan rambut untuk terus tumbuh dan berkembang, selain itu juga untuk merawat kulit kepala agar tetap sehat. Konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin, protein, dan mineral.

Hindari beberapa penyebab rambut menjadi rusak diatas, setelah anda melakukannya namun rambut anda tetap menunjukkan gejala kerusakan maka beberapa perawatan rambut berikut bisa kalian coba.

Cara merawat rambut dengan benar
1. Hindari faktor penyebab rambut rusak
Seperti yang telah saya jelaskan pada 6 point diatas, maka usahakan untuk menghindari atau setidaknya mengurangi penyebab rambut rusak diatas.

2. Menggunakan masker rambut
Cara ini merupakan perawatan murah yang bisa kalian coba, masker bisa diperoleh di toko kecantikan atau menggunakan masker bahan alami yang terbuat dari bahan-bahan disekitar anda, usahakan masker rambut anda memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan sesuai kondisi rambut anda, untuk rambut berminyak bisa menggunakan bahan tambahan masker seperti cuka dan perasan jeruk lemon, untuk rambut kering bisa menambahkan bahan yang mengandung minyak alami seperti buah alpukat, dan beberapa minyak alami.

3. Mengeringkan rambut dengan benar
Biarkan rambut anda mengering dengan sendirinya, penggunaan handuk yang digosokkan pada rambut akan menimbulkan masalah yang kurang baik pada rambut anda.

4. Memakai kondisioner dan multivitamin rambut
Jika anda memiliki rambut kering atau anda habis mencuci rambut maka disarankan untuk menggunakan kondisioner, hal ini diharapkan agar minyak alami rambut yang hilang saat mencuci rambut dapat tergantikan dengan adanya penggunaan kondisioner.

Beberapa produk vitamin untuk rambut juga bisa digunakan, guna mencukupi kebutuhan rambut serta mengatasi beberapa masalah rambut anda. Gunakan sesuai dengan petunjuk pemakaian pada bungkus yang tertera. Image courtesy of panuruangjan at FreeDigitalPhotos.net

No comments:

Post a Comment