5 Makanan Yang Banyak Mengandung Protein Tinggi

Kak Rohma - Diet Protein: Protein adalah molekul terbesar pembentuk tubuh mahluk hidup, protein memiliki peranan yang sangat banyak, mulai dari sintesa hormon dan enzim, pembentukan sel dan jaringan tubuh, penyimpan energi, dan pengatur keseimbangan dalam tubuh, jika seseorang kekurangan protein sudah dipastikan akan sangat berakibat fatal karena dapat mengakibatkan kematian.

Bagi seseorang yang ingin melakukan diet protein baik itu untuk menurunkan atau menaikkan berat badan serta diet karena masalah penyakit tertentu, wajib mengetahui sumber makanan apa saja yang mengandung protein tinggi.

Makanan yang banyak mengandung protein:
Sumber protein utama manusia adalah berasal dari hewan, namun beberapa jenis tanaman dan kacang-kacangan juga memiliki protein nabati yang tinggi baik untuk tubuh, berikut ini adalah beberapa contoh makanan kaya akan protein:
1. Daging
Secara umum jenis daging terbagi menjadi dua, yakni daging merah dan daging putih. Pada daging merah mengandung mioglobin, lemak, mineral, dan kolesterol lebih tinggi dibandingkan daging putih. Pada beberapa jenis daging putih mengandung protein yang lebih banyak.

Contoh daging merah: daging sapi, kambing, dan kerbau. Sedangkan daging putih seperti daging ayam, dan kelinci.

2. Ikan
Ikan merupakan hewan berdarah dingin yang hidup di air, kandungan protein pada ikan memiliki rantai yang pendek sehingga mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Selain itu ikan juga banyak mengandung mineral, vitamin, serta omega-3 yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Anda bisa mengkonsumsi daging ikan yang telah diolah menjadi beragam produk olahan guna mendapatkan protein darinya seperti dendeng ikan, abon ikan, bakso ikan, kerupuk ikan dan sebagainya.

3. Telur
Telur merupakan bahan makanan yang sangat penting keberadaannya, mengandung protein, lemak, vitamin A,D,E,K, serta karbohidrat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Banyak sekali jenis telur yang bisa dikonsumsi seperti telur ayam, itik, angsa, dan puyuh.

4. Susu dan produk olahannya
Susu adalah cairan putih yang dihasilkan oleh kelenjar mamalia seperti sapi, kambing, dan begitu juga manusia. susu mengandung banyak sekali nilai gizi mulai dari protein, mineral, lemak, dan energi. Terdapat berbagai jenis susu tergantung dari proses pengolahanya, seperti susu tanpa lemak, susu bubuk, susu krim, susu UHT, dan susu pasteurisasi. Serta beberapa olahan dari susu seperti keju, dan es krim.

5. Kacang-kacangan
Beberapa jenis kacang seperti kacang kedelai, kacang tanah, kapri, dan kacang almond sudah dikenal luas akan kandungan proteinnya, berbagai olahanya pun juga banyak dikonsumsi masyarakat seperti tempe, dan susu kedelai. Susu kedelai merupakan salah satu alternatif bagi mereka yang ingin mendapatkan banyak protein namun alergi terhadap protein hewan. Image courtesy of KEKO64 at FreeDigitalPhotos.net

1 comment:

  1. I think your blog is very impressive to me and thank you for your blog
    sanadomino

    ReplyDelete