Menghilangkan Bau Kaki Menyengat Secara Alami

Kak Rohma - Menghilangkan Bau Kaki: Siapa sih yang ingin punya bau kaki menyengat, aroma tidak sedap yang keluar dari kaki membuat kebanyakan orang yang memilikinya merasa tidak percaya diri, apalagi saat cuaca panas dan kerjaan menuntut berlarian maka seluruh ruangan dapat tercium bau kaki kita yang tidak sedap.

Secara umum penyebab bau kaki dan bau badan adalah sama yakni bakteri, tubuh yang banyak menghasilkan keringat mengakibatkan pakaian dan sepatu yang dipakai menjadi lembab, sehingga bakteri yang menempel pada kulit kita mengalami perkembangbiakan yang pesat dan mengeluarkan bau yang tidak sedap yang disebut bau badan.

Pada mereka yang memiliki bau kaki umumnya kurang menjaga kebersihan kulit kaki mereka, selaliu menggunakan kaos kaki dan sepatu yang sama dan tidak pernah dicuci, untuk itu berikut beberapa tips cara mengatasi bau kaki menyengat paling ampuh dan cepat yang kalian bisa lakukan dirumah.

Cara menghilangkan bau kaki:
1. Mencuci sepatu dan kaos kaki
Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah mencuci sepatu dan kaos kaki kalian, gunakan detergen yang mengandung antibakteri serta air panas untuk membunuh bakteri penyebab bau kaki. Detergen pemutih juga dipercaya ampuh membunuh bakteri.

2. Merendam kaki
Rendam kaki pada air yang telah dicampur baking soda, baking soda memiliki kandungan basa yang ampuh melawan bakteri yang menempel pada kaki, jika anda tidak memiliki baking soda, maka bahan lain seperti jeruk nipis/lemon, cuka, dan garam dapur bisa kalian gunakan. Bahan-bahan tersebut ampuh dalam membunuh bakteri penyebab bau kaki. rendam selama 10-20 menit setiap hari sampai bau kaki benar-benar hilang. Tambahkan pijatan lembut agar kulit yang sudah rusak bisa terlepas dan digantikan dengan sel kulit baru di bawahnya.

3. Rajin mengganti kaos kaki
Jika dirasa kaos kaki anda sudah agak berbau dan basah maka gantilah dengan yang bersih dan kering, karena kaos kaki yang lembab akan membuat bakteri penyebab bau kaki mudah berkembang biak.

4. Memberi bedak bayi
Bedak bayi mampu menjaga kelembaban kulit kaki saat memakai sepatu, gunakan dengan cara meratakan pada seluruh permukaan kulit kaki sebelum memakai sepatu.

5. Minum minuman yang mengandung antibiotik alami
Jamu-jamuan tertentu seperti kunyit yang ditambah madu, dan jeruk nipis dipercaya mampu membuat bau badan menghilang, kandungan antioksidan kunyit yang tinggi mampu melawan bakteri yang tidak menguntungkan bagi tubuh.

Cuci kaki anda minimal sekali dalam sehari, terutama saat anda selesai memakai sandal dan sepatu dan beraktifitas di luar ruangan. Image courtesy of Simon Howden at FreeDigitalPhotos.net

No comments:

Post a Comment