Cara Agar Cepat Tidur Saat Malam Hari

Kak Rohma - Cara Cepat Tidur: Tidur di malam hari sangat dibutuhkan seseorang agar tetap memiliki tubuh yang sehat dan bugar, terutama bagi seseorang yang telah melakukan berbagai aktifitas yang melelahkan di siang hari maka tidur cukup di malam hari dapat memulihkan tenaga sekaligus menetralkan kondisi hormon tubuh yang tidak stabil.

Bagi anak kecil tidur cukup di malam hari sangat diperlukan, karena saat tidur tubuh akan menghasilkan hormon pertumbuhan, sedangkan pada orang dewasa hormon tersebut diperlukan untuk mengganti sel-sel dan jaringan tubuh yang rusak.

Cara agar cepat tidur
Jika anda memiliki gangguan untuk tidur di malam hari bisa melakukan beberapa tips mudah berikut:
1. Melakukan olahraga di siang hari
Saat tubuh merasa capek maka sudah dapat dipastikan rasa ngantuk akan mudah datang, lakukan olahraga sederhana seperti berenang, berlari, naik sepeda, dan joging. Namun jangan lakukan secara berlebihan karena pada beberapa orang saat tubuh terlalu lelah akan membuat tubuh menjadi tidak bisa tidur walaupun merasa mengantuk.

2. Jangan biarkan perut kosong
Saat akan tidur pastikan untuk makan malam terlebih dahulu, atau jika anda sedang diet konsumsilah makanan yang banyak mengandung serat seperti buah-buahan, nutrisi makanan diperlukan tubuh untuk menjaga kadar gula dalam darah, selain itu nutrisi juga sangat penting digunakan tubuh untuk memperbaiki jaringan yang rusak.

3. Matikan lampu kamar tidur
Jangan biarkan lampu tidur menyala, karena saat lampu menyala tubuh akan kesulitan dalam memproduksi hormon tidur, matikan lampu atau gunakan lampu redup khusus untuk kamar tidur.

4. Mendengarkan lagu
Beberapa orang yang sedang mengalami susah tidur bisa disebabkan karena adanya gangguan stres dan pikiran terhadap sesuatu hal, alihkan pikiran kita dengan cara mendengarkan musik pelan atau musik instrument.

5. Jangan tidur di siang hari
Kebanyakan orang yang sudah melakukan tidur siang akan kesulitan tidur di malam hari, namun jika anda harus tidur di siang hari lakukanlah sebentar yakni sekitar 30 menit sampai 1 jam, fungsi tidur siang pun sangat penting diantaranya dapat meredakan stres, mengurangi lelah berlebih, dan dapat meningkatkan daya konsentrasi.

6. Cobalah untuk menutup mata
Kebanyakan seseorang yang sulit tidur tidak akan menutup mata mereka, maka pejamkan mata dan tenangkan diri anda lanjurkan dengan mengatur pernafasan, apabila berhasil maka secara tidak langsung setelah beberapa menit melakukanya anda akan merasa mengantuk dan tidak sadar telah tertidur.

Matikan peralatan elektronik disekitar anda terutama handphone. Jika setelah melakukan beberapa cara diatas namun tetap tidak bisa tidur maka segeralah konsultasikan diri anda pada dokter. Image courtesy of  marcolm at FreeDigitalPhotos.net

No comments:

Post a Comment